Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Jumat, 10 September 2010

BEBERAPA FADHILAH SURAT YASIN

1. BAGI PEMBACANYA
Surat yasin bila dibaca akan bermanfaat bagi pembacanya baik ketika masih hidup di dunia maupun setelah mati. Berdasar hadist :
وفى مسند الدارمى عن شهربن حوشب قال : قال ابن عباس : من قرأ يس حين يصبح اعطى يسر يومه حتى يمسى ومن قرأها فى ليلة اعطى يسر تلك ليلة حتى يصبج
“ Dalam musnad Darimi, dari Syahar bin Hausab, Ibnu Abbas berkata : barang siapa membaca Yasin ketika pagi niscaya akan diberi kemudahan di hari itu sampai sore. Dan barang siapa membacanya pada malam hari niscaya akan diberi kemudahan pada malam itu sampai pagi”.

Sehingga ada beberapa ulama menjadikan Yasin sebagai wasilah untuk memperlancar datangnya Rizqi, yaitu dengan membaca Yasin ditengah malam 4x kemudian di tutup dengan bacaan سبحان المنفس عن كل مد يون إلخ........
وعن عائشة ان رسول الله ص م قال : إن في القرأن لسورة تشفع لقرائها ويغفر لمستمعها. الا وهي سورة يس
“ Dari Aisyah bahwa Nabi SAW bersabda : sesungguhnya dalam Al-Qur’an ada satu surat yang memberi Syafaat pada pembacanya dan diampuni dosa pendengarnya. Ingat itulah surat Yasin.
عن ابي هريرة قال : قال ؤسول الله ص م من قرأ سورة يس في ليلة ابتغاء وجه الله غفر له في تلك الليلة
“ Dari Abi Hurairah, Rasullullah SAW bersabda : barang siapa membaca surat yasin pada suatu malam dalam rangka mencari ridho Allah niscaya akan diampuni dosanya pada malam itu”.
عن أنس قال رسول الله ص م : ان لكل شئ قلبا وقلب القران يس ومن قرأ يس كتب الله له بقراءتها قراءة القران عشر مراات
“ Dari Anas, Rasulullah SAW bersabda: sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai hati dan hatinya Al-Qur’an adalah surat Yasin. Siapa yang membaca surat yasin niscaya Allah akan mencatat baginya bacaan itu seperti membaca Al-Qur’an 10 kali”.
وذكر الثعلبي عن ابى هريرة ان رسول الله ص م قال : من قرأ سورة يس ليلة الجمعة اصبح مغفورا له
“ Disebutkan oleh Tsa’labi dari Abi Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa membaca urat yasin pada malam jum’at maka paginya diampuni dosanya”.

2. UNTUK ORANG LAIN
Biasanya kalau kita membaca surat yasin untuk orang lain adalah untuk orang yang sakit parah (sedikit harapan untuk sembuh). Adapun dasar hadistnya :
عن أنس قال رسول الله ص م : ان لكل شئ قلبا وقلب القران يس. اقرءوا يس على موتاكم
“ Dari Anas RA : Rasulullah SAW bersabda : sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai hati dan hatinya Al-Qur’an adalah surat Yasin. Bacalah oleh kalian surat yasin atas mayit-mayit kalian” HR.Tirmidzi.
عن معقل بن يسار قال البي ص م : من قرأ يس ابتغاء وجه الله غفر له ما تقدم من ذمبه فاقرءوها عند موتاكم". رواه البيهقى
“ Dari Mu’qil bin Yasar, Nabi SAW bersabda: barang siapa membaca yasin dalam rangka mencari ridho Allah maka akan diampuni dosanya yang telah lalu maka bacalah yasin disisi mayit-mayit kalian”.HR.Baihaqi.
وذكر الاجري من حديث ام درداء عن النبى ص م قال: مامن ميت يقرأ عليه سورة يس الا هون الله عليه
“ Disebutkan oleh Al Ujry dari hadist Umi Darda’ dari Nabi SAW : Tiadalah aeorang mayit yang dibacakan surat Yasin untuknya niscaya Allah akan memudahkan Sakaratul mautnya”. HR.Hakim.

Dan juga seperti yang di ijazahkan para ulama ditambah dengan surat Ar-Ra’du juz 13. kemudian di ikuti dengan do’a sebagai berikut :
اللهم احيه (احيها) ماكانت الحياة خيرا له (لها) وتوفه (وتوفها) اذاكانت الوفاة خيرا له (لها). اللهم اعنه (اعنها) على غمرات الموت وسكرات الموت.
“Ya Allah hidupkanlah dia apabila hidup itu lebih baik baginya, dan wafatkanlah dia apabila wafat itu lebih baik baginya. Ya Allah tolonglah ia dari mayit yang sengsara dan kesakitan sakaratulmaut” dan bisa ditambah doa lain.
عن أنس ان رسول الله ص م قال : من دخل المقابر فقرأ سورة يس خفف الله عنهم يومئذ وكان له بعدد حروفها حسنات
“Dari Anas bahwa Rasulullah SAW bersabda : barang siapa masuk pekuburan kemudian membaca surat yasin niscaya akan diringankan Allah siksa ahli kubur pada hari itu dan bagi pembacanya bagaikan berbuat kebaikan sejumlah hurufnya”.

Ada kaifiyah/cara membaca surat yasin yang menurut Sayid Idrus Al-Munawar pahalanya seperti membaca surat yasin 41 kali. Yang sering disebut oleh para santri “yasin fadhilah”. Yaitu membaca :

يس x7
ذالك تقد ير العزيز العليم x14
سلم قولا من رب رحيم x16
اوليس الذى خلق السموات والارض بقادر x4
على ان يخلق مثلهم بلى

Demikian sedikit bahasan Fadhilah surat Yasin, adapun sumber pengambilan bahan dari kitab :
1. Tafsir Al-Qurtubi
2. Hadist Jami’us Shoghir
3. Al-Adzkar An-Nawawi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar