METODOLOGI PEMAHAMAN (SYARH) HADIST
Makalah ini di susun guna memenuhi tugas mata kuliah
Studi Hadis Teori dan Metodologi
Dosen Pengampu: Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag
Disusun oleh:
Aris Hilmi Mubarok (1220411182)
PAI - A
KONSENTRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PRODI PENDIDIKAN ISLAM PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2013
BAB I
Pendahuluan
Secara epistemologis, hadist dipandang oleh
mayoritas umat Islam sebagai sumber
ajaran Islam kedua setelah Al-Qur’an. Sebab ia merupakan bayan (penjelas), terhadap ayat-ayat
Al-Qur’an yang masih mujmal (global), ‘am
(umum) dan yang mutlaq (tanpa batasan). Bahkan secara mandiri
hadist dapat
berfungsi sebgai penetap (muqarrir) suatu hukum yang belum ditetapkan
oleh Al-Qur’an.[1]
Hadist sebagai sumber kedua, nampaknya selalu menarik
untuk dikaji, baik yang menyangkut tentang kritik otentitas atau validitas (sanad
dan matan) maupun metodologi pemahaman (syarh) hadist itu sendiri.
Para ulama dahulu telah banyak mencoba melakukan penafsiran atau
pemahaman hadis yang terdapat dalam al-Kutub al-Sittah, yakni dengan
menulis kitab syarah terhadap kitab tersebut.
Meskipun demikian, upaya untuk
menemukan metode yang digunakan ulama dalam penyusunan kitab syarah hadis
tersebut hampir-hampir tidak pernah tersentuh. Namun dari beberapa metode yang
dipergunakan oleh para ulama klasik dalam menyusun kitab syarh tersebut dapat
diklasifikasikan beberapa metode pemahaman hadist, yakni metode tahlîlî, metode
ijmâlî, metode muqârin dan metode maudhû’ii.[2]
Syarah Era Klasik muncul, palingtidak
dimulai dari abad ke-6-12. hal itu momentum dengan kelahiran kitab-kitab
syarah sesuai kitab induk. Terjadinya upaya pengembangan syarah dari kitab induk
ke kitab hadis hasil ulama muta’akhkhirin, ex. Bulugh al-Maram dengan Subul
al-Salam, dll. Adapun Syarah Era Kontemporer, dimulai dari abad ke-13.
BAB II
Metodologi
Pemahaman (Syarh) Hadist
A. Pengertian Metode
Pemahaman (Syarh) Hadist
1. Metode dan Metodologi
Kata
“metode” berasal dari bahasa Yunani methodos, yang berarti cara atau
jalan.[3]
Dalam bahasa Inggris, kata ini ditulis method, dan bangsa Arab
menerjemahkannya dengn tariqat dan manhaj. Dalam
bahasa Indonesia, kata tersebut mengandung arti: cara teratur yang digunakan
untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang
dikehendaki; cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu
kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.[4]
Sedangkan metodologi berasal dari bahasa Yunani methodos yang berarti
cara atau jalan, logos artinya ilmu. Kata metodologi dalam Kamus Besar
Bahasa Indosesia diartikan sebagai ilmu tentang metode; uraian tentang metode.[5]
2. Pemahaman (Syarh)
Kata syarah
(Syarh) berasal dari bahasa Arab, Syaraha-Yasyrahu-Syarhan yang artinya menerangkan, membukakan, melapangkan.[6]
Istilah syarh (pemahaman) biasanya digunakan untuk Hadist, sedangkan tafsir
untuk kajian Al-Qur’an. Dengan kata lain, secara substansial keduanya sama
(sama-sama menjelaskan maksud, arti atau pesan); tetapi secara istilah,
keduanya berbeda. Istilah tafsir (tafsir) spesifik bagi Al-Qur’an (menjelaskan
maksud, arti, kandungan, atau pesan ayat Al-Qur’an), sedangkan istilah Syarah
(syarh) meliputi
hadis (menjelaskan maksud, arti, kandungan, atau pesan hadis) dan disiplin ilmu
lain.[7]
Jadi maksud
dari metodologi pemahaman (syarh) hadis ialah ilmu tentang metode memahami hadis.
Dengan demikian, kita dapat membedakan antara dua istilah, yakni metode
syarh:
cara-cara memahami hadis, sementara metodologi syarh: ilmu tentang cara tersebut. Metode yang
digunakan oleh pensyarahan hadis ada tiga, yaitu metode tahlili, metode ijmali, dan metode muqarin. Adapun untuk melihat kitab dari sisi
bentuk pensyarahan, digunakan teori bentuk syarh bi
al-ma`sur dan syarh bi al-ra’y. Sedangkan dalam menganalisis corak kitab
digunakan teori kategorisasi bentuk syarh fiqhy, falsafy, sufy, atau lugawy.[8]
B. Metode-metode
Pemahaman (syarh) Hadist Klasik
1. Metode Tahlili (Analitis)
a. Pengertian
Tahlili berasal dari bahasa Arab Hallala-Yuhallilu-Tahlil
yang berarti menganalisis.[9]
Metode syarh tahlili adalah menjelaskan hadis-hadis Nabi dengan
memaparkan segala aspek yang terkandung dalam hadis tersebut serta menerangkan
makna-makna yang tercangkup di dalamnya sesuai dengan kecenderungan dan
keahlian pensyarah.[10]
Dalam menyajikan penjelasan atau komentar,
seorang pensyarah hadis mengikuti sistematika hadis sesuai dengan urutan hadis
yang terdapat dalam sebuah kitab hadis yang dikenal dari al-Kutub al-Sittah.
Pensyarah memulai penjelasannya dari kalimat
demi kalimat, hadis demi hadis secara berurutan. uraian tersebut menyangkut
berbagai aspek yang dikandung hadis seperti kosa kata, konotasi kalimatnya,
latar belakang turunnya hadis (jika ditemukan), kaitannya dengan hadis lain,
dan pendapat-pendapat yang beredar di sekitar pemahaman hadis tersebut, baik
yang berasal dari sahabat, para tabi'in maupun para ulama hadis.[11]
Dengan substansi yang sama,
Muhammad Alfatih Suryadilaga dalam menerangkan metode Tahlili yakni dengan syarakh
hadis yang didalamnya akan ditemui uraian pemaparan segala aspek yang
terkandung dalam hadis serta menerangkan makna-makna yang tercakup didalamnya
sesuai dengan kecenderungan dan keahlian pensyarah, misalkan diuraikannya
sistematika sesuai dengan urutan hadis yang terdapat dalam sebuah kitab hadis kutub
al-sittah.[12]
Beberapa contoh kitab yang memakai metode “Tahlili”
antara lain adalah kitab Fath Al-Bari Bi Syarhi Shahih Bukhori karya
Ibnu Hajar Al-Asqolani, Ibnatul ahkam Bi Syarhi al-Bulughul Maram karya Subul
al-Salam karya Shan’ani, al-Kawakib al-Dirari Fi Syarhi Shahih
al-Bukhari karya Syamsuddin Muhammad bin Yusuf bin Ali al-Kirmani, kitab
al-Irsyad al-Syari’ li-Syarhi Shahih Bukhari karya Ibnu Abbas Syihab al-Din
Ahmad bin Muhammad al-Qastalani atau kitab Syarakh al-Zarqani ala Muwaththa’
‘ala Imam Malik karya Muhammad bin Abdul Baqi bin Yusuf al-Zarqani. [13]
b. Ciri-ciri Metode Tahlili
Secara umum
kitab-kitab syarah yang menggunakan metode tahlili biasanya berbentuk ma'sur (riwayat) atau ra'y (pemikiran
rasional). Syarah yang berbentuk ma'sur ditandai
dengan banyaknya dominasi riwayat-riwayat yang datang dari sahabat, tabi'in
atau ulama hadis. Sementara syarah yang berbentuk ra'y banyak didominasi
oleh pemikiran rasional pensyarahnya.
Kitab-kitab syarah
yang menggunakan metode tahlili mempunyai ciri-ciri sebagai berikut
:
1) Pensyarahan yang
dilakukan menggunakan pola menjelaskan makna yang terkandung di dalam hadis
secara komprehensif dan menyeluruh.
2) Dalam pensyarahan,
hadis dijelaskan kata demi kata, kalimat demi kalimat secara berurutan serta
tidak terlewatkan juga menerangkan sabab al wurud dari hadis-hadis yang dipahami jika hadis
tersebut memiliki sabab wurudnya.
3) Diuraikan pula
pemahaman-pemahaman yang pernah disampaikan oleh para sahabat, tabi' in dan
para ahli syarah hadis lainnya dari berbagai disiplin ilmu.
4) Di samping itu
dijelaskan juga munasabah (hubungan) antara satu hadis dengan hadiis lain.
5) Selain itu, kadang
kala syarah dengan metode ini diwamai kecenderungan pensyarah pada salah satu
mazhab tertentu, sehingga timbul berbagai corak pensyarahan, seperti corak fiqhy
dan corak lain yang dikenal dalam bidang pemikiran Islam.[14]
c. Contoh
Dalam kitab syarah
hadis fath al-Bari bi Syarh Sahih al-Bukhari terhadap hadis al-Bukhari sebagai berikut:[15]
حدثنا الحميدي عبد الله بن الزبير قال
حدثنا يحيى بن سعيد الأنصاري قال أخبرنـي محمّد ابن إبراهيم التيمي
أنه سمع علقة بن وقاص الليثي يقول سمعت عمر بن الخطاب رضي الله عنه على الـمنبر
قال سمعت رسول الله صلّى الله عليه و سلّم يقول إنّما الأعمال
بالنّيات و إنّما لكلّ امرئ ما نوى فمن كانت هجرته الى دنيا يصيبها أو إلى امرأة
ينكحها فهجرته إلى ما هجر إليه.
قوله حدثنا (الحميدي (هو أبو بكر(عبد
الله بن الزبير) بن عيسى منسوب إلى حميد بن أسامة بطن من بني أسد بن عبد العزى بن
قصي رهط خديجة زوج النّبي صلّى الله عليه و سلّم يجتمع معها في أسد ويجتمع مع
النّبي صلّى الله عليه وسلّم في قصي وهو إمام كبير مصنف رافق الشافعي في الطلب عن
بن عيينة وطبقته و أخذ عنه الفقه و رحل معه إلى مصر ورجع بعد وفاته ‘لى مكة ‘لى أن
مات بها سنة تسع عشرة و مائتين فكأن البخاري امتثل قوله صلّى الله عليه و سلّم
قدموا قريشا فافتتح كتابه بالرواية عن الحميدي لكونه أفقه قرشي أخذ عنه و له
مناسبة أخرى لأنه مكي كشيخه فناسب أن يذكر في أول ترجمة بدء الوحي لأن ابتداءه كان بمكة ومن ثم ثنى بالرواية عن مالك لأنه شيخ أهل المدينة
وهي تالية لمكة في نزول الوحي و في جميع الفضل و مالك و ابن عيينة قرينان قال
الشّافعي لولاهما لذهب العلم من الحجاز قوله (حدثنا سفيان) هو ابن عيينة بن أبي
عمران الهلالي أبو محمد المكي أصله و مولده الكوفة و قد شارك مالكا في كثير من
شيوخه و عاش بعده عشرين سنة وكان يذكر أنه سمع من سبعين من التّابعين قوله (عن يحي
بن سعيد) حدثنا يحي بن سعيد (الأنصاري) اسم جده قيس بن عمرو و هو صحابي و يحي من
صغار التّابعين و شيخه(محمد بن إبراهيم) بن الحارث بن خالد (التيمي) من أوساط
التّابعين...والله اعلم.
وقد اعترض على المصنف في إدخاله حديث
الأعمال هذا في ترجمة بدء الوحي و أنه لا تعلق له به أصلا بحيث أن الخطابي في شرخه
و الإسماعيلي في مستخرجه أخرجاه قبل الترجمة لاعتقادهما أنه إنما أورده للتبرك به
فقد واستصوب أبو القاسم بن منده صنيع الإسماعيلي في ذلك وقال بن رشيد لم يقصد
البخاري بإراده سوى بيان حسن نيته فيه في هذا التأليف و قد تكلفت مناسبته للترجمة فقال
كل بحسب ماظهر له انتهى و قد قيل إنه أراد أنيقيمه مقام الخطبة للكتاب لأنه في
سياقه أن عمر قاله على المنبر بمحضرة الصحابة فـإذا صلح أن يكون في خطبة المنبر
صلح أن يكون في خطبة الكتاب وحكى الملهب أن النبي صلّى الله عليه وسلّم خطب به حين
قددم المدينة مهاجرا فنـاسب إيراده في بدء الوحي لأن الأحوال التي كانت قبل لهـجرة
كانت كالمقدمة لها لأن بالهجرة افتتح الإذن في قـتال المشركين ويعقبه النصر والظفر
والفتح انتهى وهذا وجه حسن إلا أنني لأم أر ماذكره من كونـه صلى الله عليه وسلم
يقول ياأيها الناس إنـما الأعمال بالنية الحديث ففي هذا إلى أنه كان في حال الخطبة
أما كونه في ابتداء قدومه إلى المدينـة فلم أر مايدل عليه ولعل قائله استند إلى
ماروى في قصة مهاجر أم قيس قال بن دقيق العيد نقلوا أن رجلا هاجر من مكة إلى
المدينة لا يريد بذلك فضيلة…
...فزادت على مانقل عمن تقدم كما سيأتي
مثال لذالك في الكلام على حديث بن عمر في غسل الجمعة إن شاءالله تعالى قوله على
المنبر بكسر الميم و اللام للعهد أي منبر المسجد النبوي و وقع في رواية حماد بن
زيد عن يحي في ترك الحيل سمعت عمر يخطب قوله إنما الأعمال بالنيات كذا أورد هنا
وهو من مقابلة الجمع بالجمع أي كل عمل بنيته و قال الخوبي كأنه أشار بذلك إلى أن
النية تتنوع كما تتنوع الأعمال مكن قصد بعمله وجه الله أو تحصيل موعوده أو اتقاء
لوعيده ووقع في معظم الروايات بإفراد النية ووجه أن محل النية القلب وهو متحد
فناسب افرادها بخلاف الأعمال فأنـها متعلقة بالظواهر و هي متعددة فناسب جمعها ولأن
النية ترجع إلى الإخلاص وهو واحد للواحد الذي لا شريك له ووقع في صحيح بن حبان بلفظ الأعمال
بالنيات بحذف إنّما و جمع الأعمال و النيات و هي ما وقع في كتاب الشهاب للقضاعي و
وصله في مسنده كذلك وأنكره أبو موسى المديني كما نقله النووي و أقره و هو متعقب
برواية بن حبان بل و قع في رواية مالك عن يحي الثوري و في الهجرة من رواية حماد بن
زيد و وقع عنده فى النكاه بلفظ العمل بالنية بإفراد كل منهما والنية بكسر النون و
تشديد التحتانية على المشهور و في بعض اللغات بتحفيفها قال الرماني قوله إنما
الأعمال بالنيات هذا التركيب يفيد الحصر عند المحققين و اختلف في وجه افادتـه فقيل
لأن الأعمال جمع محلى بالألف و اللام مفيد للاستغراق و هو ملتزم للقصر لأن معناه
كل عمل بنية فلا عمل الا بنية و قيل لأن إنما للحصر و هل افادتـها له بالمنطوق أو
بالمفهوم أو تفيد الحصر بالوضع أو العرف أو تفيده بالحقيقة أو المجاز....الى الأخر
... لأن المراد بالأعمال أعمال العبادة
و هي لا تصح من الكافر وإن كان مخاطبا بها معاقبا على تركها ولا يرد العتق و
الصدقة لأنـهما بدليل آخر قوله بالنيات الباء للمصاحبة و يحتمل أن تكون للسببية
بمعنى أنها مقومة للعمل فكأنها سبب في ايجاده و على الأول فهي من نفس العمل فيشترط
أن لا تتخلف عن أوله قال النووي النية القصد و هي عزيمة القلب و تعقبه الكرماني
بأن عزيمة القلب قدر زائد على أصل القصد واختلف الفقهاء هل هي ركن أو شرط والمرجح
أن ايجادها ذكرا في أول العمل ركن واستصحابـها حكما بمعنى أن لايأتي بمناف شرعا
شرط و لابد من محذوف يتعلق به الجار و المجرور فقيل تعتبر و قيل تصح و قبل تحصل و
قيل تستقر.
...قال
الطبي كلام الشارع محمول على بيان الشرع لأن المخاطبين بذلك هم أهل اللسان فكأنـهم
خوطبوا بما ليس لهم به علم إلا من قبل الشارع فيتعين الحمل على مايفيد الحكم
الشرعي و قال البيضاوي النية عبارة عن انبعاث القلب نحو مايراه موافقا لغرض من جلب
نفح أو دفع ضر حالا أو مالآ
و الشرع خصصه بالارادة المتوجهة نحو الفعل
لابتغاء رضاء الله وامتثال حكمه و النية في الحديث محمولة على المعنى اللغوي ليحسن
تطبيقه على مابعده و تقسيمه أحوال المهاجر فإنـه تفصيل لما أجمل....
Dari kutipan
syarah di atas dapat diketahui bahwa dalam menerangkan hadis, pensyarah
mengemukakan analisis tentang periwayat (rawi) sesuai dengan urutan sanad, sabab
al-wurud, juga menyajikan
hadis-hadis lain yang berhubungan dengan hadis tersebut, bahkan ayat al-Qur’an
yang berkenaan dengan hadis. Pensyarah menggunakan riwayat riwayat dari para
ulama. Syarah banyak didominasi oleh pendapat mereka, sehingga dari uraian yang
demikian panjang, pendapat dari pensyarah hampir-hampir tidak diketemukan. Selain itu juga, disajikan penjelasan kosa kata yang terdapat
didalamnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa meskipun syarah yang
memakai metode analitis ini mengandung uraian yanglebih rinci, namun karena
berbentuk al-ma’sur
, pendapat dari pensyarah tetap sukar ditemukan.
Inilah salah satu ciri utama yang membedakan secara mencolok dengan Syarh bi-al-ra’y. [16]
d. Kelebihan dan Kekurangan Metode Tahlili
Kelebihan
1). Ruang lingkup pembahasan yang sangat luas.
Metode analitis
dapat menyakup berbagai aspek: kata, frasa, kalimat, sabab al
wurud, munasabah (munasabah internal) dan lain sebagainya.
2). Memuat berbagai ide dan gagasan.
Memberikan
kesempatan yang sangat longgar kepada pensyarah untuk menuangkan ide-ide, gagasan-gagasan yang pernah dikemukakan oleh para
ulama dalam mensyarahkan hadist
Dengan metode ini
pensyarah relatif memiliki kebebasan dalam mengemukakan ide-ide dan
gagasan-gagasan baru dalam menjabarkan makna suatu teks hadis daripada metode ijmali,
barang kali kondisi inilah yang membuat tahlili lebih berkembang
pesat dibandingkan dengan ijmali.
Kekurangan
1). Menjadikan petunjuk hadis parsial
Metode analitis
menjadikan petunjuk hadis bersifat parsial atau terpecah-pecah, sehingga
seolah-olah hadis memberikan pedoman secara tidak utuh dan tidak konsisten
karena syarah yang diberikan pada hadis lain yang sama karena kurang
memperhatikan hadis lain yang mirip atau sama redaksinya dengannya.
2). Melahirkan syarah yang subyektif
Dalam metode
analitis, pensyarah tidak sadar bahwa dia telah mensyarah hadis secara
subyektif, dan tidak mustahil pula ada di antara mereka yang mensyarah hadis
sesuai dengan kemauan pribadinya tanpa mengindahkan kaidah-kaidah atau
norma-norma yang berlaku.[17]
Dari uraian ini
dapat disimpulkan, jika menginginkan pemahaman yang “lebih luas” dari suatu
teks hadis dengan melihat berbagai aspek, maka tiada jalan lain adalah dengan
metode Tahlili. Disinilah letak satu urgensi pokok dan mendasar dari
metode tahlili dibandingkan dengan metode ijmali dan muqarin.
2. Metode Ijmali (Global)
a. Pengertian
Metode ijmali (global) adalah menjelaskan atau
menerangkan hadis-hadis sesuai dengan urutan dalam kitab hadis yang ada dalam al-Kutub
al-Sittah secara ringkas, tapi dapat merepresentasikan malrna literal hadis
dengan bahasa yang mudah dimengerti dan gampang dipahami. [18]
Metode ini mempunyai kemiripan dengan metode tahlili dari segi
sistematika pensyarahan. Perbedaannya terletak pada segi uraian penjelasannya.
Metode Tahlili sangat terperinci dan panjang lebar sehingga
pensyarahannya lebih banyak dapat mengemukakan pendapat dan ide-idenya, sedangkan metode ijmali penjelasannya
sangat umum dan ringkas.
Hal ini membuat pensyarahannya tidak mempunyai ruang untuk mengemumakan pendapat dan ide-idenya. Meski
demikian, dalam kitab yang menggunakan metode ijmali, juga tidak menutup
kemungkinan adanya uraian yang panjang lebar mengenai suatu hadis tertentu yang
membutuhkan penjelasan yang detail. Akan tetapi, penjelasan tersebut tidak
seluas metode tahlili.
Kitab-kitab syarah yang mengikuti metode ini antara lain Syarah
al-Suyuti li Sunan al-Nasa’i karya Jalal al-Din
al-Suyuti, Qut al-Mughtazi ’ala Jami’ al-Turmudzi karya Jalaludin
al-Suyuti, ’Aun al-Ma’bud Syarah Sunan Abi dawud karya Muhammad bin
Asyraf bin ’Ali Haidar al-Siddiqi al-’Azim Abadi.
1). Pensyarah langsung melakukan penjelasan hadis
dari awal sampai akhir tanpa
perbandingan dan penetapan judul.
2). Penjelasan umum dan sangat ringkas.
Pensyarah tidak memiliki ruang untuk
mengemukakan pendapat sebanyak-banyaknya. Namun demikian, penjelasan terhadap
hadis-hadis tertentu juga diberikan agak luas, tetapi tidak seluas metode tahlili.
c. Contoh
Dalam kitab syarah hadis ’Aun
al-Ma’bud Syarh Sunan Abi Dawud karya Muhammad
bin Asyraf bin ’Ali Haidar Al-Siddiqi al-’Azim Abadi sebagai berikut:[20]
(غسل
يوم الجمعة واجب) قال الخطابي معناه وجوب الاختيار و الاستحباب دون وجوب الفرض كما
يقول الرجل لصاحبه حقك علي واجب وأنا أوجب حقك و ليس ذلك بمعنى اللزوم و الذي لا
يسع غيره ويشهد لصحة هذا التأويل حديث عمر الذي تقدم ذكره انتهىز قال ابن دقيق
العيد في شرح عمدة الأحكام ذهب الأكثرون إلى استحباب غسل الجمعة و هم محتاجون إلى
الأعتذار عن مخالفة هذا الظاهر وقد أولوا صيغة الأمر عل الندب و صيغة الوجوب على
التأكيد كمايقال إكراماك على واجب وهو تأويل ضعيف إنما يصار إليه إذا كان المعارض
راجحا على هذا الظاهر وأقوى ماعارضوابه هذا الظاهر حديث من توضأ يوم الجمعة فيها
ونعمت ومن اغتسل فالغسل أفضل ولايعارض سنده سند هذه الأحادث انتهى (على كل محتلم)
أي بالغ وإنما ذكر الإحتلام لكونه الغالب وتفسيره بالبالغ مجاز لأن الإحتلام يستلزم البلوغ
والقرينة الماسة عن الحمل على الحقيقة أن الإحتلام إذا كان معه انزال موجب للغسل
سواء كان يوم الجمعة أم لا. ذكره الزرقاني قال المنذري و أخرجه البخاري و مسلم
والنسائي وابن ماجه.
d. Kelebihan dan
Kekurangan
Kelebihan
1). Ringkas dan
padat
Metode ini terasa
lebih praktis dan singkat sehingga dapat segera diserap oleh pembacanya. Syarah
tidak bertele-tele, sanad dan kritik matan sangat minim.
2). Bahasa Mudah
Pensyarah langsung
menjelaskan kata atau maksud hadis dengan tidak mengemukakan ide atau
pendapatnya secara pribadi.
Kekurangan
1) Menjadikan petunjuk
hadis bersifat parsial
Metode ini tidak
mendukung pemahaman hadis secara utuh dan dapat menjadikan petunjuk hadis
bersifat parsial tidak terkait satu dengan yang lain, sehingga hadis yang
bersifat umum atau samar tidak dapat diperjelas dengan hadis yang sifatnya
rinci.
2) Tidak ada
ruang untuk mengemukakan analisis yang memadai.
Metode ini tidak
mnyediakan ruangan yang memuaskan bagi penulisnya untuk menganalisis sebuah
hadis secara detail dan terperinci..[21]
Bagi pembaca yang membutuhkan pemahaman lebih tidak bisa terpenuhi oleh kitab
yang menggunakan metode ini, sebab terkadang penjelasan yang sangat singkat
juga bisa membingungkan pembaca dalam memahami syarah hadis.
Terlepas dari
semuanya, para ’ulama’ yang telah menulis kitab syarah hadis dengan menggunakan
metode ijmali telah banyak memberikan pemahaman yang bermanfaat bagi
umat Islam.
3. Metode Muqarin (komparatif)
a. Pengertian
Metode
Muqarin adalah metode
memahami hadis dengan cara: (1) Membandingkan hadis yang memiliki redaksi yang
sama atau mirip dalam kasus yang sama atau memiliki
redaksi yang berbeda dalam kasus yang sama. (2) Membandingkan berbagai pendapat
ulama syarah dalam mensyarah hadis. 19
Jadi metode ini dalam memahami hadis tidak
hanya membandingkan badis dengan hadis lain, tetapi juga membandingkan pendapat
para ulama (pensyarah) dalam mensyarah hadis.
Diantara Kitab yang menggunakan metode muqarin
ini adalah
Sahih Muslim bi Syarh al-Nawawi karya Imam Nawawi, Umdah al-Qari Syarh S}ahih al-Bukhari karya Badr
al-Din Abu Muhammad Mahmud al-’Aini, dan lain-lain
b. Ciri-ciri Metode Muqarin
1). Membandingkan analitis redaksional (mabahis
lafziyyah) dan
perbandingan periwayat periwayat, kandungan makna dari masing-masing hadis yang
diperbandingkan.
2). Membahas perbandingan berbagai hal yang
dibicarakan oleh hadis tersebut.
3). Perbandingan pendapat para pensyarah mencakup
ruang lingkup yang sangat luas karena uraiannya membicarakan berbagai aspek,
baik menyangkut kandungan (makna) hadis
maupun korelasi (munasabah) antara hadis dengan hadis. 20
Ciri utama metode ini adalah perbandingan,
yakni membandingkan hams dengan hadis, dan pendapat ulama syarah dalam
mensyarah hadis.
c. Urutan Metode Muqarin
Metode ini diawali dengan menjelaskan pemakaian mufradat (suku kata), urutan kata, kemiripan redaksi. Jika yang
akan diperbandingkan adalah kemiripan redaksi misalnya, maka langkah-yang
ditempuh sebagai berikut :
1). mengidentifikasi dan menghimpun hadis yang
redaksinya bermiripan,
2). memperbandingkan antara hadis yang redaksinya
mirip tersebut, yang membicarakan satu kasus yang sama, atau dua kasus yang
berbeda dalam satu redaksi yang sama,
3). menganalisa perbedaan yang terkandung di
dalam berbagai redaksi yang mirip, baik perbedaan itu mengenai konotasi hadis
maupun redaksinya, seperti berbeda dalam menggunakan kata dan susunannya dalam
hadis, dan sebagainya,
4). memperbandingkan antara berbagai pendapat
para pensyarah tentang hadis yang dijadikan objek bahasan.21
d. Contoh
Salah satu kitab yang
menggunakan Syarh muqarin adalah Umdah al-Qari Syarh Sahih al-Bukhari karya Badr al-Din Abu Muhammad Mahmud bin
Ahmad al-’Aini.22
قد حصل من الطرق المذكورة أربعة ألفاظ
"إنما الأعمال بالنيات" و" الأعمال بالنية" و "العمل
بالنية" وادعى النووي في تلخيصه قلتـهاز والرابع "إنـما الأعمال
بالنية" وأورده القضاعي في الشهاب بلفظ "الأعمال بالنيات" بحذف
"إنما" و الحافظ أبو موسى الأصبـهاني: لا يصح إسنادها,وإقره النووي على
ذلك في تلخيصه وغيره,وهو غريب منهما,وهي رواية صحيحة أخرجها ابن حبان في صحيحه...و
أورده الرافعي في شرحه الكبير بلفظ آخر غريب وهو "ليس للمرء من عمله إلا
نواه"....وفي البيهقي في حديث آخر مرفوعا"لا عمل لـمن لا نية له....لكن
اسناده جهالة.
....الأول: احتجت الأئمة الثلاثـة في
وجوب النية في الوضوء والغسل فقالوا: التقدير فيه صحة الأعمال بالنيات والألف و
اللام فيه لاستغراق الجنس,فيدخل فيه جميع الأعمال من الصوم و الصلاة و الزكاة و
الوضوء...ومن الثاني أن النيات إنما تكون مقبولة إذا كانت مقرونـة بالإخلاص انتهي.
وذهب أبو حنيفـة و أبو يوسف و محمد و زفر والنواوي والأوزاعي و الحسن بن حي ومالك
في رواية إلى أن الوضوء لا يحتاج إلى نية,وكذلك الغسل. و زاد الأوزعي و الحسن
التيمم.وقال عطاء ومجاهد: لا يحتاج صيام رمضان إلى نية إلا أنيكون مسافرا أو
مريضا...
...الثاني احتجت به أبو حنيفة و مالك
وأحمد في أن من أحرم بالحج في غير أشهر الحج أنه لا ينعقد عمرة لأنـه لم ينوها
فإنما له مانواه,وهو أحد أقوال الشافعي,إلا أن الأئمة الثلاثة قالوا: ينعقد إحرامه
بالحج ولكنـه يكره,ولم يخـتلف قول الشافعي أنـه لا ينعقد بالحج...
...الثالث: احتجت به مالك في اكتفائه
بنية واحدة في أول شهر رمضان...
e. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan
1). Memberikan wawasan pemahaman yang relatif
lebih luas kepada para pembaca bila dibandingkan denga metode lain.
2) Membuka pintu untuk selalu bersikap toleran
terhadap pendapat orang lain yang terkadang jauh. berbeda.
3) Pemahaman dengan metode muqarin sangat
berguna bagi mereka yang ingin mengetahui berbagai pendapat tentang sebuah
hadis.
4) Pensyarah didorong untuk mengkaji berbagai
hadis serta pendapatpendapat para pensyarah lainnya.
Kekurangan
1) Metode ini tidak relevan bagi pembaca
tingkat pemula, karena pembahasan yang dikemukakan terlalu luas sehingga sulit
untuk menentukan pilihan.
2) Metode ini tidak dapat diandalkan untuk
menjawab permasalah sosial yang berkembang di tengah masyarakat, karena
pensyarah lebih mengedepankan perbandingan daripada pemecahan masalah
3) Metode ini terkesan lebih banyak menelusuri
pemahaman yang pernah diberikan oleh mama daripada mengemukakan pendapat baru23.
Untuk dapat
memahami hadis dengan tepat, kelengkapan ilmu bantu mutlak diperlukan. Berkaitan dengan ilmu bantu daIam memahami hadis, Yusuf Al Qardawi
memberikan beberapa pedoman, yaitu24
:
1). Mengetahui
petunjuk Al Qur'an yang berkenaan dengan hadis tersebut.
2). Menghimpun
hadis-hadis yang se-tema.
3). Menggabungkan dan mentarjihkan antar hadis-hadis yang
tampak bertentangan.
4). Mempertimbangkan latar belakang, situasi dan kondisi hadis
ketika diucapkan diperbuat serta tujuaannya.
5). Mampu membedakan antara sasaran yang berubah-ubah dengan sasaran
yang tetap.
6). Mampu membedakan antara ungkapan yang bermakna
sebenarnya dan bersifat metafora.
7). Mampu membedakan
antara hadis yang berkenaan dengan alam gaib (kasat mata) dengan yang tembus
pandang.
8). Mampu memastikan makna dan konotasi kata-kata
dalam hadis.
C. Metodologi Syarah Klasik-Kontemporer
Lahirnya syarah kontemporer juga bisa
dikarenakan
adanya kemunduran dalam keinginan memahami suatu hadis sesuai kebutuhan
masyarakat. Dengan beberapa metode dan pendekatan syarah yang dipunyainya, pensyarahan
hadis terus berkembang sampai kemudian bermunculannya beberapa metode. Misalkan
metode hermeneutik, yang diasumsikan juga turut mewarnai beragramnya metode
pensyarahan, dipandang cukup memberikan solusi pembacaan yang cukup sesuai
dengan problem masyarakat.
Kehadiran metode hermeneutik
merupakan angin segar dalam penyarahan hadis. masalah yang berkembang sekarang
terlalu banyak dan membuat untuk menyegerakan penjabaran dan pembahasan dengan
landasan yang ada. Metode Hermeneutik dan dalam bingkai tematik agaknya
mendesak dilakukan saat itu, seperti merespon kepemimpinan perempuan dalam
ranah publik (presiden, dan sebagainya) yang terjadi pada tahun 1999. Kehadiran
hermeneutik juga tidak terlepas dari pertumbuhan dan kemajuan pemikiran tentang
bahasa dalam wacana filsafat dan keilmuan lain.
Dalam studi keislaman, hermeneutik
sudah lama dikenal dan masuk dalam kajian tafsir dan lainnya. Padanan kata yang
dapat dianggap sebagai hermeneutik adalah tafsir, ta’wil, syarh
dan bayan. Tradisi tersebut telah menjadi bagian dari perkembangan
keilmuan keislaman baik dalam bidang tafsir, fiqih, kalam maupun tasawuf.
BAB III
Kesimpulan
Dalam metode
pemahaman (syarh) hadis, para ulama menggunakan 3 metode, yaitu metode tahlili (analitis), metode ijmali (global), dan metode muqarin (perbandingan). Dengan melihat karakter
persamaan yang terdapat keempat metode itu mempunyai kelebihan maupun
kelemahan masing-masing. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan, maka tak
diragukan lagi akan muncul metode maupun pendekatan baru untuk memahami hadis,
karena hadis merupakan salah satu sumber pokok hukum Islam kedua setelah
Al-Qur’an tak kan lepas dari kajian maupun penelitian. Wallahu’alam
bi-as-sawab.
Dengan demikian,
kegiatan ulama dalam memberikan penjelasan, pensyarahan dan penafsiran atas
hadis-hadis nabi tidak terhenti hanya dalam penghimpunan dalam kitab-kitab
tertentu saja, melainkan juga diterjemahkan dalam berbagai bahasa sesuai dengan
tempat dan waktu ulama yang menyalinnya. Tentu upaya
pensyarahan tersebut, juga dilandasi dengan pertanggung jawaban metode dan
pendekatan yang dimilikinya. Karena itu pensyarahan terhadap kitab-kitab hadis,
dengan demikian, mempunyai berbagai metode dan pendekatan yang cukup
bervariasi. Tentu hal itu, bisa dianggap wajar ketika setting masyarakat Islam
di sekitar zamannya juga cukup bervariasi.
Karena itulah, selain pensyarahan
kitab-kitab hadis sangatlah tidak bebas nilai, tujuan dan maksud, setidaknya
ada lima
macam pensyarahan hadis yang dilakukan ulama dari era klasik hingga kontemporer yang
berupaya untuk: menjelaskan makna hadis ditinjau dari berbagai sudut,
kecenderungan membahas secara luas dan memberi penjelasan berbagai kata yang
sulit dipahami sebagaimana yang ada dalam kitab-kitab garib al-hadis & yang
lainnya.
Diakui atau tidak khazanah keilmuan hadis
dan bahkan yang lainnya dalam Islam berkembang dengan pesatnya. Hadis
bahkan masalah-masalah yang terkait dengan keilmuan keislaman sangat subur
seiring dengan perkembangan kebutuhan umat manusia dan pensyarahan hadis dengan metode hermeneutik bisa menjadi solusi.
DAFTAR PUSTAKA
Abd al-Hay al-Farmawi.1997. Al-Bidayah
fi al-Tafsir al-Maudhu’i. ,t.tp: Matba’ah al-Hadarah al-‘Arabiyyah.,
Al-Asqalani,
Fath al-Bari Sahih al-Bukhari. Beirut: Dar al-Ma’rifah. Jilid 1.
Agil Husain Munawwar, Said dan Mustaqim, Abdul. 2001. Asbabul Wurud. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Alfatah Suryadilaga. 2012. Metodologi Syarah Hadis
Era Klasik Hingga Kontemporer (Potret Konstruksi Metodologi Syarah Hadis). Yogyakarta: Suka Press.
Ali, Nizar. 2001. Memahami Hadis Nabi (Metode dan
Pendekatan). Yogyakarta: Center for
Educational Studies and Development (CESaD) YPI Al-Rahmah.
________. 2007.
(Ringkasan Desertasi) Kontribusi Imam Nawawi dalam Penulisan Syarh} Hadis. Yogyakarta.
Baidan, Nashrudin. 2000. Metodologi Penafsiran Al-Qur’an.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
al-Din Abu Muhammad Mahmud bin Ahmad al-’Aini, Badr.
1972. Syarh muqarin adalah Umdah al-Qari Syarh Sahih al-Bukhari,. Aleppo:
Mustafa al-babi al-Halabi.
al-Hay
al-Farmawi, Abd. 1997. Al-Bidayah fi al-Tafsir al-Maudu’i. ,t.tp:
Matba’ah al-Hadarah al-‘Arabiyyah.
Hasan, Fuad dan Koentjaraningrat. 1997. Beberapa Asas
Metodologi Ilmiah, dalam Koentjaraningrat (ed.), Metode-metode
Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa KBBI.
2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. jakarta: Balai
Pustaka. Cetakan ketiga, edisi III.
Yunus, Mahmud. 1973. Kamus
Arab-Indonesia. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah Penafsir
Al-Qur’an.
al-Qardhawi, Yusuf. 1993. Bagaimana Memahami Hadis Nabi saw. edisi
terjemahan Bandung: Kharisma.
[1] Said Agil Husain Munawwar dan Abdul Mustaqim. 2001. Asbabul Wurud. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar., hal. 24.
[2] Nizar Ali. 2001. Memahami Hadis Nabi (Metode dan Pendekatan).
Yogyakarta: Center for Educational Studies and
Development (CESaD) YPI Al-Rahmah., hal. 28.
[3] Ibid.,hal. 1 atau baca Fuad
Hasan dan Koentjaraningrat. 1997. Beberapa Asas Metodologi Ilmiah, dalam
Koentjaraningrat (ed.), Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia., hal. 16.
[4] Tim
Penyusun Kamus Pusat Bahasa KBBI. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
jakarta: Balai Pustaka. Cetakan ketiga, edisi III., hal. 740.
[5] Ibid., hal. 741.
[6] Mahmud Yunus. 1973. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah
Penafsir Al-Qur’an.,hal.
[7] Nizar Ali., op.cit., hal 28.
[8] Nizar Ali. 2007. (Ringkasan Desertasi) Kontribusi
Imam Nawawi dalam Penulisan Syarh Hadis. Yogyakarta., hal. 4.
[9] Alfatih Suryadilaga. 2012. Metodologi Syarah Hadis Era Klasik
Hingga Kontemporer (Potret Konstruksi Metodologi Syarah Hadis). Yogyakarta:
Suka Press. Cetakan Pertama. Hal. 18.
[10] Nizar Ali.,op.cit., hal. 29 atau
baca Abd al-Hay al-Farmawi.1997. Al-Bidayah fi al-Tafsir al-Maudu’i. ,t.tp:
Matba’ah al-Hadarah al-‘Arabiyyah., hal.24.
[11] Ibid, hal. 29.
[12] Alfatih Suryadilaga. Metodologi Syarah Hadis. Hal. 19.
[13] Muhammad al-Fatih Suryadilaga, Metodologi Syarah Hadis…… Hal.
20.
[14] Ibid., hal.30-31.
[15] Ibid.,hal. 31 atau Al-Asqalani, Fath al-Bari Sahih al-Bukhari.
Beirut: Dar al-Ma’rifah. Jilid 1., hal. 10-18.
[16] Ibid., hal. 31-37.
[17] Ibid., hal 38-39.
[18] Ibid., hal. 42.
[19] Ibid., hal. 43.
[20] Ibid., hal. 43 atau Muhammad bin Asyraf bin ’Ali
Haidar Al-Siddiqi al-’Azim Abadi. 1979. ‘Aun
al-Ma’bud Syarh Sunan Abi Dawud. Beirut: Dar al-Fikr., hal.
5-6.
19 Ibid.,hal. 46.
20 Ibid.,hal 48-49.
21 Ibid., hal. 49.
22 Ibid.,hal.49 atau Badr al-Din Abu Muhammad Mahmud bin Ahmad al-’Aini,1972. Syarh
muqarin adalah Umdah al-Qari Syarh Sahih al-Bukhari, . Aleppo: Mustafa
al-babi al-Halabi., hal. 24, 33-34.
23 Ibid., hlm.51-52.
24 Ibid., hlm. 25 atau baca Yusuf al-Qardhawi, 1993. Bagaimana
Memahami Hadis Nabi saw. edisi terjemahan (Bandung: Kharisma), hlm. 92
Tidak ada komentar:
Posting Komentar